Tuesday, December 25, 2018

Cara Mudah Kalibrasi Baterai Samsung Hanya Dengan Kode Rahasia

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Masalah yang mungkin dialami para pengguna smartphone android adalah masalah baterai. Terutama masalah statistik baterai yang sudah mulai error.

Penyebab Statistik Baterai Smartphone Error

Biasanya, masalah error pada statistik baterai muncul karena pengguna kurang memperhatikan perawatan pada baterai itu sendiri. Seperti, mengecas yang salah, penggunaan smartphone yang berlebihan, atau memang baterai yang sudah mulai rusak.

kalibrasi baterai samsung menggunakan kode rahasia
Sumber: Dokumen Pribadi

Akan tetapi, masalah itu juga bisa muncul mungkin karena memang statistik baterai perlu direset atau sering disebut kalibrasi baterai. Sehingga, jika anda mengalami hal di atas, jangan terburu-buru untuk mengganti baterai smarphone anda. Lakukanlah langkah awal ini terlebih dahulu.

Kenapa Harus Reset Statistik Baterai?

Hal ini perlu dilakukan untuk menormalkan kembali statistik baterai pada smartphone. Sehingga, informasi statistik pada android dapat sesuai lagi dengan kapasitas baterai.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Kalibrasi Atau Reset Baterai

Untuk melakukan langkah ini, anda perlu memperhatikan suatu hal, seperti kondisi baterai smartphone anda harus dalam keadaan baik.

Artinya, baterai smartphone anda tidak melembung ataupun bocor. Karena jika baterai smartphone anda sudah mengalami cacat fisik. Kemungkinan cara ini tidak akan bisa mengatasi permasalahan pada statistik baterai.

Oleh karena itu, coba anda cek kondisi baterai smartphone anda. Apakah masih dalam keadaan baik, atau memang sudah saatnya anda mengganti baterai smartphone anda.

Cara Reset Statistik Baterai Smartphone Samsung

1. Pastikan kapasitas baterai smartphone anda diantara 10%-15%.
2. Kemudian, pastikan anda melakukan tutorial ini dalam keadaan smartphone dicas.
3. Buka aplikasi telepon.
masuk ke aplikasi telepon untuk kalibrasi baterai samsung
Sumber: Dokumen Pribadi

4. Ketikkan dial *#0228#.
kode reset baterai samsung
Sumber: Dokumen Pribadi

5. Setelah mengetik dial tersebut, maka akan muncul tampilan informasi baterai pada smartphone anda. Dan di bagian bawah, terdapat tombol quick start. Anda tinggal klik tombol tersebut.
tombol reset baterai samsung
Sumber: Dokumen Pribadi

6. Selanjutnya, akan muncul top up peringatan, anda klik ok.
konfirmasi kalibrasi baterai
Sumber: Dokumen Pribadi

7. Maka, peresetan mulai berjalan. Biarkan smartphone anda mengecas dan jangan keluar terlebih dahulu dari menu reset baterai ini ataupun menggunakan smartphone anda.

Tunggu sampai smartphone anda full charger atau istilahnya sampai 100%. Baru anda boleh mencabut cas dan keluar dari tampilan reset baterai. Dan silahkan anda menggunakan smartphone seperti biasanya.

Catatan

》Segala resiko ditanggung sendiri, saya tidak bertanggungjawab atas semua kerusakan pada smartphone anda.
》Pastikan anda menggunakan smartphone Samsung untuk bisa menggunakan kode *#0228#. Karena belum tentu kode tersebut bisa digunakan di smartphone lain selain Samsung.
》Jangan gunakan smartphone saat melakukan peresetan baterai, seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Kesimpulan

Peresetan atau kalibrasi statistik baterai di smartphone android dilakukan untuk mengakuratkan kembali antara statistik baterai dengan kapasitas asli baterai itu sendiri.

Penutup

Demikian tutorial yang bisa saya bagikan, semoga tutorial diatas bisa mengatasi masalah error statistik baterai di smartphone Samsung anda.

Sebaiknya, anda memperhatikan perawatan pada baterai smartphone. Mulai dari pengecasan, penggunaan smartphone agar tidak berlebihan.

Sehingga, masalah error ini tidak sering terjadi pada smartphone Samsung anda. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

39 comments

  1. Min kalok saya kemaren batre masih 90% gua masukin kode diatas tapi ngak pada waktu cas, kalok begitu work ngak ya saya sih takut batre gua kenapa napa, semoga aja ngak work jawab ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap berpengaruh gan, karena cara di atas untuk mereset ulang statistik baterai pada smartphone kita. Tetapi, karena agan udah terlanjur, kemungkinan tidak apa-apa gan. Tetapi, lain kali ikuti sesuai tutorial di atas, agar baterai agan tidak rusak. Dan jangan terlalu sering melakukan cara di atas, kecuali jika sudah muncul error pada statistik baterai smartphone agan. Terima kasih sudah berkunjung.😊

      Delete
  2. Min itu di lakukan dg kondisi batrai di cas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dalam keadaan dicas gan, tetapi pastikan kapasitas baterai antara 10%-15% ya gan. Terima kasih telah berkunjung.😊

      Delete
  3. Replies
    1. Iya sama-sama gan, semoga bisa membantu.😊

      Delete
  4. Sangat bermanfaat, semoga sukses ganπŸ™

    ReplyDelete
  5. Kak bisa tidak ya atasi batre samsung j7 prime saya boros. Dan setiap udah 10% hp lgsg mati sendiri? Terima kadih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba agan ikuti tutorial di atas. Setelah agan melakukan kalibrasi/reset baterai, saya sarankan agan merubah pola mengecas hp, yaitu biasakan untuk mengecas hp saat statistik baterai tinggal 15-20% jangan menunggu hp mati baru dicas. Semoga bisa membantu, terima kasih telah berkunjung.😊

      Delete
    2. Semlm sy coba gan .
      Wiihh degdegan .
      .
      Ktika masih tersisa 35 %
      Aku ktik tuh kode.
      Waww mlah btrey ku kritis.
      Di cas dari jm 10 mlm
      Pul jm 12 siyang hmm tkut aku gan

      Delete
    3. Kok lama banget fullnya gan? Coba agan, bersihkan kuningan pada baterainya pakai kapas cutton bud. Soalnya terkadang statistiknya error gan

      Delete
  6. Apakah kalo sering memakai kode du atas batre kita jadi drop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum mencobanya gan, tetapi sangat tidak disarankan untuk selalu melakukan kalibrasi pada baterai. Karena pada dasarnya semua ada ukurannya dan yang berlebihan pasti berdampak tidak baik. Terima kasih telah berkunjung.😊

      Delete
  7. Assalamualaikum....kalau tdk sambil di cas apa bisa min melakukan kalibrasi batre?.masalahnya hp saya tdk bisa ngecas, mesti pakek cas kodok. T.kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam gan, sepertinya tidak bisa gan. Karena kalibrasi baterai itu tujuannya untuk mereset statistik baterai yang ada di os smartphone. Jadi jika mengecas baterainya dengan cara cas kodok, berarti yang bermasalah baterainya atau mungkin ic powernya gan. Terima kasih telah berkunjung.😊

      Delete
  8. Gan klo melakukan langkah d atas..apa ada kemungkinan data kita hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada gan, karena cara ini hanya mereset statistik baterai, bukan mereset data smartphone. Kecuali, jika hp agan bootloop, terus melakukan flashing, baru data smartphone agan bisa terhapus. Terima kasih telah berkunjung.😊

      Delete
  9. ka hp saya kan waktu dikalibrasi sampai nunggu full batrenya lama waktunya, terus saya ada keperluan di WA nah saya close trus buka WA abis itu saya ulang lagi kalibrasinya, eh ada keperluan lagi balik WA lagi.. gpp engga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya saat melakukan kalibrasi baterai, smartphonenya jangan digunakan dulu sampai baterai full, agar prosesnya sempurna gan. Kalau emang ada keperluan, jangan dikalibrasi dulu, pas waktu longgar aja gan. Terima kasih, telah berkunjung.😊

      Delete
  10. Gan Hp Saya Samsung A10 Keluaran 2019, Bisa Pakai Kode Itu Ngak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja gan, kalau bisa masuk menu tersebut, berarti bisa. Soalnya setahu saya kode itu khusus smartphone samsung, jadi kemungkinan besar bisa. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.😊

      Delete
  11. Samsung j7 saya saat dicas ngisi lama stelah saya matikan dan bongkar bater saya hidupkan lagi jadi 100% itu kenapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu banyak faktor gan, saya juga pernah mengalami. Waktu agan cas itu keadaannya menyala atau mati? Bisa juga karena statistik baterainya, casnya, atau juga baterainya. Akan tetapi, waktu itu saya mengatasinya dengan cara. Lepas baterai, kemudian bersihkan kuningan baterai dengan hati-hati. Terima kasih telah berkunjung, semoga membantu. Aamiin😊

      Delete
  12. Saya coba lepas pasang terus . Beda beda kadang 70% ntar saya lepas lg jd 82% terus kalo ngecas ngisi lama bgt. Itu saya cas pas keadaan hidup. Kalo dah lama gak ngisi ntar saya cpot batrenya lalu saya pasang hidup kan lg tiba tiba jadi penuh 100%.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga pernah mengalami seperti itu gan, coba agan bersihkan kuningan baterai dulu. Jika masalah belum teratasi, agan bisa mengkalibrasi baterai sesuai tutorial yang telah saya jelaskan pada artikel ini. Terima kasih tealh berkunjung :)

      Delete
  13. Bang saya pengguna samsung a7 2017.. saya baru ganti batre.. terus sudah diganti kok gak ada notif isi daya cepat gak kayak biasanya. Ngecas nya lama itu gimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh saya tahu, itu beli baterainya dimana gan? apa agan sudah memastikan kalau baterai yang agan beli original? jika tidak original, berarti masalahnya pada baterainya gan, yang mungkin tidak support fast charging. Terima kasih telah berkunjung :)

      Delete
  14. Bang, tadi aku pakai dial up persis tutorial di atas. Tapi tidak sama, sebelum aku ketemu alamat ini.
    Awal aku dial up dalam keadaan hp tidak tersambung charger, keterangan baterai 60%an, setelah "quick start" baterai jadi 19%. Baru aku sambungkan charger, tapi tidak buka dial up itu lagi.
    Sambil sesekali balas chat, sampai 100% baru aku lepas chargernya.
    Apakah itu berpengaruh bang?
    Aku pakai A7(2018), dan aku rasa baterai lebih cepat habis.

    Kalau mau dial up lagi, kira" kapan bang?

    Mohon pencerahannya bang.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas baterai terlebih dahulu gan, kemudian bersihkan kuningan baterai. Setelah itu, coba ikuti tutorial di atas dengan benar, semoga membantu. Terima kasih telah berkunjung. :)

      Delete
  15. bang, kalo mau kalibrasi galaxy s9 udah pernah coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah coba gan, tetapi dicoba saja, karena kode di atas khusus smartphone samsung, jadi seharusnya semua tipe smartphone samsung bisa

      Delete
  16. Bang, kalo mau kalibrasi baterai nya harus anatara 10 sampai 15 persen itu apa itu minimal? Kalo udah 100persen gimana? Tks

    ReplyDelete
  17. 10-15% itu batas minimal gan, karena menurut beberapa informasi kalau baterai berjenis lithium ion, jangan dicas di bawah 10-15% takutnya baterainya jadi gampang drop gan. Kalau sudah 100% ya dicabut gan, jangan kelamaan, terus kalau sudah dikalibrasi, nanti kalau cas sampai 80% aja tidak apa-apa jangan keseringan 100% gan

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. Bang hape gw samsung M21 .
    Trus cuma iseng" aj pake dial di atas gak ikutin saran lu di atas bang .
    Wkwkwk
    Batre awalnya 85% trus jadi 86% .
    Ngrusak batre gw gak ya bang ?

    Setelah 1jam ini masih 82% .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa bang, itu hanya masalah statistik baterai yang tidak sesuai isi baterai yang sesungguhnya. Jadi, tidak usah diapa-apain lagi bang. Kalau mau pakai cara ini lagi, nunggu dulu sampai dirasa statistik baterainya sudah tidak sesuai (error) dan ikuti tutorialnya di atas ya bang. Satu lagi, jangan keseringan pakai cara ini bang, takutnya baterainya ikut error, jadi seperlunya saja

      Delete
  20. Bang hp saya samsung a50s boros amat casnya lama. Dan untuk ikut tutorial di atas data diaktifkan atau di offkan bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik dioffkan saja datanya gan biar casnya lebih cepat, lebih bagus lagi aktifkan mode pesawat

      Delete


EmoticonEmoticon