Mainkan Game Tanpa Menginstallnya di Google Play Store Dengan Instant App

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sebelumnya saya akan mengucapkan selamat berjumpa kembali dengan saya, karena saya sudah lama sekali tidak update artikel di blog ini karena suatu kesibukan, bahkan tidak terasa sudah kurang lebih satu tahun tidak update artikel. Baik, langsung saja pada pembahasan kali ini yaitu, tentang Instant App.

Di zaman ini, perkembangan aplikasi begitu pesat, tak terkecuali toko penyedia aplikasi. Salah satu toko aplikasi yang populer saat ini adalah Play Store.


Mainkan Game Tanpa Menginstallnya di Google Play Store Dengan Instant App

Sumber: Dokumen Pribadi

Toko aplikasi besutan Google ini berkembang begitu pesat. Pembaruan dan penambahan fitur terus dilakukan oleh Google, salah satunya fitur Instant App.

Apa Itu Fitur Instant App?

Instant App adalah sebuah fitur pada aplikasi play store yang berfungsi untuk memainkan game secara langsung tanpa menginstallnya terlebih dahulu.

Jadi, dengan fitur ini kita bisa mencoba terlebih dahulu game yang kita inginkan sebelum menginstallnya ke dalam smartphone.

Fitur ini bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki smartphone dengan penyimpanan internal kecil, tetapi tetap bisa memainkan game yang ukurannya lumayan besar. Karena tidak perlu menginstallnya.

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Instant App

Kelebihan fitur Instant App diantaranya yaitu,
1. Menikmati game atau aplikasi tanpa menginstallnya ke smartphone.
2. Mengetahui kualitas game, sebelum menginstallnya.

Adapun kekurangan dari fitur ini yaitu,
1. Game yang dicoba, hanya bisa beberapa level permainan saja. Setelah selesai level, anda akan diminta untuk menginstallnya.

Untuk mengatasi hal ini, anda harus keluar terlebih dahulu dari game, dan memulainya dari awal lagi.
2. Cepat bosan, karena game yang kita coba. Hanya bisa kita ulang-ulang dari awal, dan tidak bisa sampai tamat.

Tutorial

Meskipun fitur ini mungkin sangat sederhana, tetapi anda bisa mencobanya jika penasaran. Berikut tutorialnya di bawah ini,
1. Buka play store
aplikasi google play store
Sumber: Dokumen Pribadi

2. Scroll ke bawah sampai menemukan game yang disarankan, seperti pada screenshot di bawah,
halaman depan google play store
Sumber: Google Play Store

3. Selanjutnya klik pada tulisan game yang disarankan, maka akan terbuka kumpulan game, pilihlah game yang terdapat mode coba sekarang, seperti tampilan berikut,
game clash royale di play store
Sumber: Google Play Store

4. Pada tutorial kali ini, saya akan mencoba game Clash Royale. Caranya, klik pada mode coba sekarang, maka akan muncul tampilan loading resourch gamenya yang diproses oleh instant app. Tunggu sampai proses selesai, dan secara otomatis gamenya akan terbuka, dan silahkan pilih mainkan, jangan pilih install.
profile game clash royale
Sumber: Google Play Store

logo instant app
Sumber: Google Play Store

proses loading game di instant app
Sumber: Google Play Store

battle di game clash royale
Sumber: Game Clash Royale

5. Jika sudah dimainkan, kurang lebih dua kali permainan, setelah itu, anda akan diminta untuk menginstall gamenya, jika memang anda suka silahkan install. Akan tetapi, jika anda hanya ingin mencoba dan mengulanginya, silahkan keluar dari game terlebih dahulu, dan ulangi langkah pada nomor 4.
akhir kemenangan di game clash royale
Sumber: Game Clash Royale

menutup game clash royale
Sumber: Game Clash Royale

game clash royale tanpa install
Sumber: Google Play Store

Bagaimana cukup mudah bukan? cara ini bisa dimanfaatkan jika anda memiliki spesifikasi smartphone yang pas-pasan. Dan cara ini, hanya digunakan untuk hiburan semata dan bisa juga digunakan untuk mengetes suatu game.

Kesimpulan

Jika anda tidak ingin membebani memori penyimpanan pada smartphone, anda bisa menggunakan fitur Instant App pada Google Play Store ini untuk mencoba beberapa game. Yang tentunya tidak semua game support dengan fitur ini, dan game yang support dengan fitur ini, ciri-cirinya terdapat mode coba sekarang.

Penutup

Demikian, tutorial kali ini yang bisa saya sampaikan, jika menurut anda tutorial ini bermanfaat. Bisa anda share tutorial ini melalui tombol share yang sudah disediakan di bawah artikel ini. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa untuk mampir kembali dan nantikan tutorial-tutorial selanjutnya.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4 comments


EmoticonEmoticon