Langkah Mudah Aktifkan Night Mode Di WhatsApp

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hallo sobat Laman Catatanku, berjumpa lagi dengan saya Helmi Arrazi selaku pemilik blog ini. Izinkan saya untuk basa-basi terlebih dahulu karena saya baru menulis artikel lagi dari sekian lama.

Saya mengucapkan mohon maaf untuk para pembaca blog ini, dikarenakan kesibukan saya berkuliah, saya belum bisa membagi waktu untuk mengurus blog ini. Akan tetapi, Inshaa Allah saya kali ini akan belajar beristiqamah dalam mengupdate artikel di blog ini.

Langkah Mudah Aktifkan Night Mode Di WhatsApp

Sumber : Dokumen Pribadi

Ok langsung saja, pada artikel sebelumnya saya telah membahas Mengatasi File Audio Tidak Terbaca di Keyboard Musik Dengan WhatsApp. Dan kali ini saya akan membahas tentang Night Mode di WhatsApp. Night mode atau juga dalam bahasa Indonesia disebut mode malam. Yang sedang popular di tahun 2020 ini, meskipun sebenarnya sudah ada sejak lama.

Lalu, Apa Sebenarnya Night Mode Itu.? 

Night Mode atau Mode Malam adalah sebuah fitur yang berfungsi merubah tampilan layar menjadi gelap. Bukan berarti gelap tidak bisa dilihat oleh mata yah, tetapi gelap disini membuat layar lebih nyaman dipandang.

Sehingga mata kita tidak mudah lelah dalam menatap layar smartphone saat chat di WhatsApp, terutama di waktu malam hari. Bukan itu saja, masih ada kelebihan fitur Night Mode ini. Berikut akan saya jelaskan di bawah.

Kelebihan Fitur Night Mode WhatsApp 

Dikutip dari CNN Indonesia kelebihan fitur Night Mode di WhatsApp lainnya yaitu, baterai jadi lebih tahan lama di smartphone pada layar OLED, cocok untuk penderita fotofobia, terlihat bagus di lingkungan kurang pencahayaan. Meskipun Night Mode memiliki kelebihan yang cukup bermanfaat, tetapi ternyata ada juga kekurangannya. Lalu, apa kekurangannya.? Simak penjelasan di bawah ini.

Kekurangan Fitur Night Mode WhatsApp 

Masih dikutip dari CNN Indonesia, kekurangan fitur Night Mode ini diantaranya yaitu, tidak cocok untuk orang yang harus membaca cepat, mengoreksi tulisan, atau memiliki mata silinder. Jadi, penggunaan fitur Night Mode ini disesuaikan oleh kondisi anda masing-masing.

Tutorial 

Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja kita menuju tutorialnya. Simak baik-baik tutorial di bawah ini. 

1. Buka aplikasi WhatsApp.

aplikasi whatsapp
Sumber : Dokumen Pribadi

2. Tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini, 

langkah awal aktifkan night mode whatsapp
Sumber : Dokumen Pribadi

3. Kemudian, pilih setelan 

masuk ke setelan whatsapp
Sumber : Dokumen Pribadi

4. Setelah terbuka setelan, pilih chat. Perhatikan gambar di bawah ini, 

masuk setting chat whatsapp
Sumber : Dokumen Pribadi

5. Selanjutnya, klik tema 

setting tema whatsapp
Sumber : Dokumen Pribadi

6. Maka akan muncul pop up, lalu pilih gelap dan tekan ok. Seperti gambar di bawah ini,

memilih setelan tema whatsapp
Sumber : Dokumen Pribadi

7. Maka tampilan Night Mode WhatsApp akan seperti ini.
tema whatsapp night mode
Sumber : Dokumen Pribadi

Catatan 

  • Jika tutorial di atas tidak bisa dilakukan, coba perbarui aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru di Google Play Store.

Kesimpulan 

Kehadiran fitur Night Mode ini sangat bermanfaat bagi penggunanya. Selain mengikuti trend teknologi saat ini. Pengguna juga jadi lebih nyaman saat chatting di WhatsApp karena fitur ini bisa membuat nyaman mata. Manfaat lainnya juga bisa membuat konsumsi baterai smartphone tidak terlalu boros, tetapi itu juga tergantung kebiasaan anda saat menggunakan smartphone. 

Penutup

Bagaimana, cukup mudah bukan tutorial kali ini.? Jika masih bingung dan ada yang ingin bertanya atau ingin request tutorial selanjutnya, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tunggu tutorial-tutorial selanjutnya di blog ini ya. 

Mohon maaf apabila terdapat salah kata. Terima kasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. Aamiin… 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

4 comments

  1. salfok ama cht nya itu spam dari doi apa grup🤣

    ReplyDelete
  2. wah 785 pesan, dari doi yak? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari grup keluarga dan grup-grup lain itu gan wkwk

      Delete


EmoticonEmoticon