Sunday, May 24, 2020

7 Tips Dan Trik Mengatasi Penyimpanan Internal Smartphone Android Cepat Penuh

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Hallo sobat Laman Catatanku, apa kabar semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Sebelumnya saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minal Aidzin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin, bagi yang menjalankan.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal tanpa root dan tanpa bantuan aplikasi lain. Dan di artikel ini, berbeda dari artikel-artikel saya sebelumnya, mengapa? Karena di artikel ini, saya akan membagikan tips dan trik seputar smartphone android.

7 tips dan trik mengatasi penyimpanan internal smartphone android cepat penuh
Sumber : Dokumen Pribadi

Permasalahan Penyimpanan Internal Smartphone Android

Tips dan trik kali ini, mengenai bagaimana cara untuk mengatasi penyimpanan internal smartphone android yang cepat penuh. Hal ini, sudah tidak asing lagi bagi anda semua, terutama anda yang memiliki smartphone dengan penyimpanan internal sebesar 8 gb sampai 16 gb.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju begitu pesat. Rasanya, kita harus memiliki smartphone android, dengan minimal penyimpanan internal sebesar 32 gb atau lebih baik lagi sebesar 64 gb.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir, atau tidak perlu memaksakan mengganti smartphone anda dengan yang baru. Karena smartphone dengan penyimpanan internal sebesar 8 gb ataupun 16 gb, masih tetap bisa digunakan. Meskipun, anda perlu melakukan perawatan khusus, agar penyimpanan internal smartphone anda masih bisa tersisa untuk menyimpan file.

Lalu, bagaimana cara mengatasi penyimpanan internal smartphone android yang penuh?


1. Pindahkan file-file dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal

Pada tips dan trik pertama, anda harus rajin-rajin, memindahkan file-file yang ada di penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal. Lalu, file apa saja yang dipindahkan? File-filenya di sini, bisa file berkas hasil download, foto, video, ataupun file-file lainnya.

Biasanya, file yang paling berpengaruh, file-file foto dan video. Jadi, coba anda cek di penyimpanan internal. File apa saja yang berukuran besar, untuk dipindahkan ke penyimpanan eksternal. Akan tetapi, jangan memindahkan file system android ke penyimpanan eksternal. File system android yang seperti apa? Yaitu file yang biasanya memiliki nama yang aneh dan berisi angka.

2. Memindahkan file media WhatsApp ke penyimpanan eksternal

File media whatsapp di sini, misalkan file document, foto, dan video. Biasanya file-file yang berdada di whatsapp ini yang sering tidak kita sadari membuat penyimpanan internal di smartphone cepat penuh.

Cobalah anda sering mengecek dan memindahkan file dari whatsapp ini ke penyimpanan eksternal. Biasanya file-file ini berukuran puluhan sampai ratusan MB. Anda juga bisa menghapus file document, tetapi file document di folder sent di dalam folder document itu sendiri. Di folder sent ini berisi document yang anda kirim, tetapi tidak bisa anda buka. Jadi, lebih baik dihapus saja untuk melegakan penyimpanan internal.

3. Menghapus file database WhatsApp

Mungkin sebagian dari anda tidak menyadari, bahwa file database whatsapp juga salah satu penyebab penyimpanan internal smartphone anda cepat penuh. File database ini, berisi file backup dan biasanya ditandai dengan tanggal, yang artinya file backup untuk tanggal berapa.
                          
Akan tetapi, ada hal yang perlu anda perhatikan jika ingin menghapus file database ini. Saran saya, anda hanya menghapus file database whatsapp, apabila file database di folder database sudah ada 3 file. Dan anda hapus file database dengan tanggal yang paling lama. Jika tanggal yang terbaru, jangan anda hapus, karena ditakutkan anda butuh untuk masalah backup whatsapp anda.

4. Menghapus file status WhatsApp

Untuk melakukan trik ini, anda harus terlebih dahulu menyetting pengaturan file manager di smartphone anda agar bisa menampilkan file tersembunyi. Mengapa di sini saya sarankan menghapus file status? Karena jika whatsapp anda memiliki banyak kontak dan anda sering melihat status-status dari kontak anda.

Hal ini juga bisa membuat penyimpanan internal smartphone anda cepat penuh, apalagi jika status yang anda lihat rata-rata berupa video. Pasti ukuran file-file status di folder whatsapp juga berukuran besar.

Akan tetapi, perlu anda perhatikan, jika anda melakukan trik ini, anda tidak akan bisa melihat status dari kontak yang statusnya anda hapus. Jadi, perlu dipertimbangkan lagi jika anda ingin melakukan trik ini atau anda bisa memilih, status yang menurut anda tidak penting, itu bisa anda hapus.

5. Menghapus file thumbnail

Mungkin diantara anda ada yang tahu dan ada juga yang tidak tahu mengenai file thumbnail ini. Akan saya sedikit jelaskan, file thumbnail ini, seperti file backupan tampilan file media, seperti file foto yang anda lihat. Maka, akan tersimpan di file thumbnail ini, semakin banyak file media yang anda miliki, di sini saya misalkan koleksi foto anda, semakin besar pula ukuran file thumbnail ini.

Bahkan, di smartphone saya sendiri, file thumbnail ini ukurannya sampai 1gb lebih. Lalu, di mana tempat disimpannya file thumbnail ini? Di smartphone saya sendiri yaitu Samsung Galaxy J2 Prime. File ini berada di folder DCIM, untuk smartphone lain saya belum mengetahui apakah sama atau berbeda tempatnya, bisa anda coba cari sendiri.

Akan tetapi, meskipun anda menghapus file thumbnail ini dengan ukuran semisal sampai 1gb. Maka anda jangan berharap penyimpanan internal smartphone anda akan lega sebesar 1gb. Karena menurut pengalaman saya, ketika menghapus file ini yang berukuran 1gb lebih. Penyimpanan internal smartphone saya hanya bertambah leganya beberapa Mb terkadang sampai ratusan Mb.

Saya juga belum mengetahui pasti mengapa sangat berbeda jauh penambahan penyimpanan internal smartphone saya. Mungkin karena file ini mirip seperti file cache, jadi jangan heran jika file ini anda hapus, beberapa saat kemudian akan muncul kembali. Jadi, anda harus sering mengecek dan menghapus file ini. Jika anda sering melihat file foto ataupun video di smartphone anda.

6. Menghapus cache smartphone

Cache smartphone ini, berfungsi menyimpan riwayat sementara aplikasi-aplikasi yang anda buka di smartphone anda. Ukuran file cache ini bisa sampai ratusan Mb, Jadi, saya merekomendasi anda untuk sering mengecek dan menghapus cache di smartphone anda.

Ukuran cache ini bisa cepat sampai ratusan Mb apabila anda sering main game. Ini berdasarkan pengalaman saya, ketika sehabis saya memainkan game Mobile Legends. Kemudian, saya mengecek cache smartphone saya di pengaturan, ukurannya sudah sampai ratusan Mb. Tetapi, jika anda tidak suka bermain game, tidak ada salahnya anda mencoba tips ini.

7. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Tips dan trik yang terakhir di sini, hapuslah aplikasi-aplikasi yang menurut anda tidak penting atau sudah tidak anda gunakan lagi. Berhentilah mengoleksi aplikasi yang jelas-jelas anda tidak gunakan lagi, karena buat apa? Yang ada penyimpanan internal smartphone anda cepat penuh dan tentunya membuat performa smartphone anda jadi lambat.

Pilihlah aplikasi yang benar-benar anda ingin gunakan. Anda juga bisa melakukan trik dengan mengganti aplikasi yang biasa dengan aplikasi lite yang ukurannya hanya beberapa Mb. Misalkan yang sedang banyak dikembangkan di sini, aplikasi sosial media. Meskipun fiturnya tidak selengkap aplikasi yang versi full. Akan tetapi, fungsinya tidak jauh berbeda dengan yang versi full, jadi bisa anda coba untuk menghemat penyimpanan internal smartphone anda.

Catatan

- Resiko ditanggung sendiri. Segala kerusakan smartphone anda yang disebabkan mengikuti artikel ini, semuanya ditanggung oleh anda sendiri.

Kesimpulan

Sebenarnya smartphone dengan penyimpanan internal 8gb ataupun 16gb masih bisa digunakan, meskipun tidak terlalu maksimal dibandingkan dengan smartphone yang memiliki penyimpanan internal di atas 16gb.

Agar smartphone yang memiliki penyimpanan internal 8gb sampai 16gb tetap nyaman digunakan. Anda perlu melakukan perawatan khusus dengan rajin mengelola file-file yang ada si penyimpanan internal smartphone anda. Sehingga, penyimpanan internal smartphone anda bisa lebih dihemat lagi penggunaannya.

Penutup

Demikian tips dan trik yang bisa saya sampaikan untuk mengatasi penyimpanan internal smartphone android yang cepat penuh. Bagamaina tips dan triknya, cukup mudah bukan? Apabila anda masih bingung dengan tips dan trik di atas atau ada yang ingin ditanyakan. Bisa anda sampaikan di kolom komentar yang telah disediakan.

Mohon maaf apabila terdapat salah kata. Terima kasih telah berkunjung diblog ini, jangan lupa untuk berkunjung kembali. Dan jangan lupa nantikan artikel-artikel  selanjutnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Aamiin…
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2 comments


EmoticonEmoticon