Cara Mudah Masuk Recovery Mode Xiaomi Tanpa Tombol

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat datang di blog Laman Catatanku. Apa kabar teman-teman semua? Semoga sehat selalu. Aamiin. Sebelumnya saya mohon maaf baru bisa menulis artikel kembali. Dikarenakan banyak kesibukan di dunia nyata. Hihihi.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai Cara Mudah Mengubah Theme Google Chrome Android Menjadi Gelap. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Cara Mudah Masuk Recovery Mode Xiaomi Tanpa Tombol.

cara mudah masuk recovery mode xiaomi tanpa tombol
Sumber: Dokumen Pribadi

Apa itu recovery mode?

Sebelum ke tahap tutorial saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu recovery mode? Recovery dalam bahasa inggris artinya pemulihan. Jadi recovery mode dapat diartikan mode pemulihan.

Lalu apa arti recovery mode dalam sistem operasi Android? Menurut Wikipedia (Inggris), recovery mode Android atau dalam bahasa indonesia disebut mode pemulihan Android adalah mode Android yang digunakan untuk menginstall pembaruan. Ini terdiri dari kernel linux dengan ramdisk pada partisi terpisah dari sistem Android utama. Recovery mode dapat berguna ketika ponsel terjebak dalam bootloop atau ketika terinfeksi malware.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa recovery mode Android merupakan mode yang berfungsi untuk melakukan penginstallan sistem operasi Android. Apabila sistem operasi Android itu mengalami error.

Perlu diperhatikan teman-teman semua, tutorial ini berfungsi untuk masuk ke recovery mode smartphone Xiaomi tanpa tombol apabila smarthone teman-teman semua masih dapat masuk ke sistem operasi Android.

Jika smartphone teman-teman mengalami bootloop dan ingin masuk ke recovery mode. Maka tutorial ini tidak dapat berfungsi, karena teman-teman harus menggunakan kombinasi tombol untuk bisa masuk ke recovery mode.

Biasanya pada beberapa brand smartphone Android, memiliki kombinasi tombol untuk bisa masuk ke recovery mode. Pada tutorial ini, hanya akan membahas cara masuk ke recovery mode pada smartphone Xiaomi, tetapi tanpa tombol kombinasi. Agar cara ini dapat berhasil, baca baik-baik tutorial di bawah ini. 

Tutorial masuk recovery mode xiaomi tanpa tombol

1. Masuk ke setelan

reboot recovery mode android
Sumber: Dokumen Pribadi

2. Klik tentang telepon

mode pemulihan xiaomi
Sumber: Dokumen Pribadi

3. Setelah itu masuk ke tampilan pembaruan perangkat lunak MIUI dengan cara klik versi MIUI, seperti gambar berikut

recovery mode miui
Sumber: Dokumen Pribadi

4. Selanjutnya, teman-teman klik logo MIUI sekitar 7x sampai ada notifikasi "Tambahan fitur pembaruan hidup" muncul

mode pemulihan miui
Sumber: Dokumen Pribadi

5. Jika sudah, klik icon titik tiga di pojok kanan atas

mode pemulihan android
Sumber: Dokumen Pribadi

6. Apabila cara ini berhasil teman-teman lakukan. Seharusnya muncul pilihan baru, yaitu pilihan memulai ulang perangkat pemulihan

mulai ulang mode pemulihan
Sumber: Dokumen Pribadi

7. Jika teman-teman ingin reboot ke menu recovery, teman-teman tinggal klik pilihan menu "Mulai ulang ke mode pemulihan." 

Bagaimana teman-teman, cukup mudah bukan tutorial kali ini? Jika teman-teman ingin tutorial yang lebih jelas. Teman-teman bisa lihat tutorialnya dalam bentuk video di channel YouTube Laman Catatanku.

Kesimpulan

Cara masuk ke recovery mode xiaomi tanpa tombol, dapat dilakukan dengan cara masuk ke setelan. Kemudian, klik tentang telepon, masuk ke menu pembaruan MIUI. Pada tampilan pembaruan MIUI, klik logo angka MIUI secara cepat sekitar 7x. Maka akan muncul menu baru, yaitu mulai ulang ke mode pemulihan. Menu inilah yang berfungsi untuk reboot ke recovery mode xiaomi tanpa tombol.

Catatan

  • Segala resiko yang dialami setelah mengikuti tutorial di blog ini menjadi tanggung jawab sendiri.

Penutup

Demikian yang bisa saya sampaikan dalam tutorial kali ini. Mohon maaf apabila terdapat salah kata. Jika terdapat pertanyaan, bisa teman-teman sampaikan di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Aamiin. Terima kasih untuk teman-teman semua, karena telah berkunjung di blog Laman Catatanku. Jangan lupa untuk berkunjung kembali dan nantikan artikel-artikel berikutnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 Comments

Post a Comment