Saturday, March 17, 2018

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Apa kabar semuanya? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin. Selamat datang di blog yang sederhana ini. Kali ini, saya ingin membahas tentang Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah.

Verifikasi dua langkah merupakan fitur di WhatsApp. Fitur ini, berguna untuk menambah keamanan akun WhatsApp kita dari serangan penyadap. Meskipun WhatsApp menggunakan enskripsi end-to-end yang diklaim sangat aman.

Enskripsi tersebut digunakan untuk mengenskripsi chat kita. Bahkan di dalam website WhatsApp sendiri dijelaskan. Bahwa enskripsi ini benar-benar mengamankan chat kita.

Pihak WhatsApp sendiri mengatakan dalam websitenya. Bahwa pihak WhatsApp tidak bisa melihat chat kita. Yang dapat melihatnya kita sendiri dan yang menerima chat kita. Jadi, bisa disimpulkan enskripsi ini memang benar aman.

Tetapi, meskipun WhatsApp memiliki keamanan enskripsi yang handal. Masih saja ditemukan celah di aplikasi WhatsApp. Yang akhirnya, celah ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyadap akun kita.

Celah yang ada di aplikasi WhatsApp adalah fitur WhatsApp web. Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, akun kita bisa disadap hanya dengan menyecan kode yang ada di akun kita.

Anda jangan khawatir, karena ada ciri-ciri akun kita telah disadap. Yaitu :
1. Chat yang masuk sudah terbaca sendiri, padahal kita belum membacanya.
2. Akun WhatsApp web kita ada yang log in.
3. Akun WhatsApp kita on dengan sendirinya, padahal kita sedang off.

Meskipun demikian, kita masih bisa berjaga-jaga. Agar akun kita tidak disadap orang lain. Salah satunya, adalah menyalakan fitur verifikasi dua langkah. Kita bisa menyalakan fitur ini di menu setting.

Tanpa perlu panjang lebar lagi, langsung saja kita menuju ke tutorialnya. Simak baik-baik tutorial di bawah ini,
1. Klik titik 3 di pojok kanan atas
Sumber: Dokumen Pribadi

2. Pilih Setelan
Sumber: Dokumen Pribadi

3. Pilih Akun
Sumber: Dokumen Pribadi

4. Pilih Verifikasi dua langkah. Di sini, sobat akan diminta untuk memasukkan sandi dan e-mail. Pastikan e-mail yang sobat gunakan masih aktif. Karena ini akan berguna, apabila sobat lupa sandi yang tadi sobat buat.
Sumber: Dokumen Pribadi

5. Klik Aktifkan
Sumber: Dokumen Pribadi

6. Masukkan sandi
Sumber: Dokumen Pribadi

7. Konfirmasi sandi
Sumber: Dokumen Pribadi

8. Masukkan e-mail
Sumber: Dokumen Pribadi

9. Konfirmasi e-mail
Sumber: Dokumen Pribadi

10. Klik Selesai
Sumber: Dokumen Pribadi

11. Jika berhasil tampilannya akan seperti ini sobat.
Sumber: Dokumen Pribadi


Bagaimana.? cukup mudah bukan. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bisa ditanyakan di kolom komentar. Jangan lupa berkunjung kembali di blog yang sederhana ini. Mohon ma'af apabila ada salah kata. Semoga tutorial ini, dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 comments

Post a Comment